Minggu, 29 November 2009

Manfaat WORTEL untuk Kesehatan

Wortel Untuk Peremajaan Kulit
Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih.
Seperti telah kita ketahui bersama manfaat dari wortel antara lain adalah, baik untuk kesehatan mata, menurunkan kolesterol darah, memperlancar saluran pencernaan, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit infeksi, sebagai zat anti kanker, menjaga kesehatan hati dan menurunkan tekanan darah. Selain itu ada manfaat lain dari wortel yaitu memberi perlindungan bagi kulit kita terhadap sengatan sinar matahari.
Beta-karoten (nutrisi yang menentukan warna oranye pada wortel) terbentuk dari keluarga nutrisi yang dikenal dengan 'caro-tenoids'. Beta-karoten memiliki peran antioksidan, yang berarti membantu menetralkan molekul yang rusak yang dikenal sebagai 'radikal bebas'. 'Radikal bebas' memainkan peran terhadap sengatan sinar matahari, karena sengatan sinar matahari dapat meningkatkan produksi 'radikal bebas' dalam kulit. Maka dikatakan dalam teori, semakin banyak beta-karoten dalam tubuh, semakin besar tubuh terlindungi dari bahaya sengatan matahari.
Penelitian menyatakan bahwa beta-karoten benar-benar mempunyai kapasitas menawarkan perlindungan terhadap sengatan matahari. Selain itu menurut hasil penelitian para ahli ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi beta karoten selama beberapa minggu maka akan diperoleh peremajaan bagi kulit. Karena itu mulailah untuk mengkonsumsi wortel secara rutin sehingga kita akan mendapatkan kulit yang segar dan bersinar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar