Minggu, 29 November 2009

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan


Banyak orang minum air kelapa karena ingin melepas dahaga, bahkan teman saat makan, sampai sebagai obat. Bahkan banyak ibu hamil percaya, bahwa air kelapa berkhasiat bagi janin dalam kandungan. Kelapa hijau dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.
Kandungan air dalam sebuah kelapa sekitar 400-465cc. Dalam air kelapa terdapat kandungan nutrisi vitamin C dan beberapa jenis vitamin B seperti niacin, asam pantotenat, biotin, asam folat dan thiamin. Air kelapa juga mengandung mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium dan zat besi.
Dalam dunia medis air kelapa juga digunakan sebagai pengganti cairan tubuh. Contohnya, air kelapa pernah digunakan sebagai cairan pengganti infus bagi prajurit ketika perang dunia II.
Khasiat air kelapa ini bersifat alami, itu artinya lebih baik dibandingkan minuman pengganti cairan lainnya yang mengandung bahan sintetik. Kandungan vitamin dalam bahan sintetik 50-70% lebih rendah dibandingkan dengan produk alami dan yang dipakai tubuh hanya sekitar 15%, sisanya hanya sampah yang dapat menjadi racun.
Salah satu penyakit yang mengancam pada musim hujan adalah demam berdarah. Pengobatan pada penderita DBD salah satunya adalah penggantian pada cairan tubuh dan pemberian minum lebih dari 2 liter dalam 24 jam. Cairan pun bermanfaat untuk membantu menurunkan suhu tubuh, yang cenderung meningkat pada penderita DBD.
Cairan tubuh sangat bermanfaat bagi penderita DBD, maka harus diberikan pengganti cairan tubuh yang alami. Salah satu minuman yang bermanfaat untuk proses rehidrasi tubuh adalah air kelapa. Air kelapa dapat menjadi alternatif pengganti cairan tubuh, tapi juga harus mengkonsumsi air putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar